Terima panggilan service matic

* Bengkel khusus servis perawatan transmisi matic,manual,triptonic * modifikasi Rubah manual menjadi matic * Jasa servis panggilan dan storing transmisi * Overhaul transmisi maticKapan cara mengganti gigi?

Kamis, 30 November 2017

Arti Huruf & Angka Pada Transmisi Mobil Matic

Sweetcorn tech
Divisi transmisi matic
Layanan service
Call / WhatsApp 081315745715 / richard

Arti Huruf & Angka Pada Transmisi Mobil Matic
Arti Huruf & Angka Pada Transmisi Mobil Matic | Kendaraan dengan transmisi otomatis semakin diminati konsumen, khususnya yang tinggal di Ibu Kota. Namun, sebelum menggunakannya, pastikan mengenal arti dan kegunaan huruf serta angka pada mobil jenis ini.

Pasalnya, ada beberapa peristiwa kecelakaan, seperti kasus mobil yang terjun dari atas gedung parkir atau tiba-tiba nyelonong di jalan dan menabrak kendaraan lain. Kejadian tersebut, salah satunya lantaran kelalaian pengemudi, yang belum paham mengenai mekanisme tuas transmisi pada mobil matik.

Apa sih fungsi dan kegunaan huruf dan angka yang ada pada sisi tongkat perseneling?

Mobil dengan transmisi otomatis dikendalikan dengan hanya menggerakkan tuas percepatan, ke posisi tertentu. Umumnya, posisi tuas disusun berdasarkan format P-R-N-D-3-2-L. Kemudian juga, mesin mobil matik hanya bisa dihidupkan ketika tuas pada posisi P (parkir) ataupun N (netral) saja.

Di dalam modul Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas diterbitkan Astra International dan Korlantas Polri, dianjurkan untuk memahami arti hurus dan angka, pada transmisi otomatis. Bukan hanya itu, setelah paham, pergunakan simbol tersebut sesuai fungsinya.

Berikut arti dan kegunaan huruf serta angka pada kendaraan bertransmisi otomatis.

P atau Parkir, adalah posisi untuk kendaraan parkir, transmisi terkunci pada posisi ini, sehingga kendaraan tidak bisa didorong. Dalam posisi ini juga merupakan awal menghidupkan mesin dan melepaskan kunci kontak.

R atau Reverse, adalah posisi untuk memundurkan kendaraan.

N atau Netral, adalah posisi gir netral, hubungan mesin dengan roda dalam keadaan bebas.

D atau Drive, adalah posisi untuk berjalan maju pada kondisi normal.

2/S atau Second, adalah posisi untuk berjalan maju di medan pegunungan. Posisi ini ada di maksimum gigi ke-2 (engine break)

1/L atau Low adalah posisi maju pada gigi ke satu, hanya digunakan pada saat berkendara di medan yang menanjak curam



Tidak ada komentar:

Posting Komentar