Kemacetan ibukota Jakarta yang semakin hari semakin parah ditambah lagi pertambahan populasi kendaraan bermotor yang sulit dibendung menjadikan kota-kota besar surganya kemacetan lalu lintas. Bagi sebagian besar masyarakat awam yang jarak tempuh menuju kantor cukup jauh dari tempat tinggalnya mencari solusi terbaik mengurangi keletihan berkendara selama mengarungi kemacetan dengan mengganti mobil yang bertransmisi otomatis alias Automatic Transmission.
1. Gearbox Matic Copotan Ex. Singapura
Wujud Gearbox Matic Bekas Ex.Singapura/ Japan copotan dari Toyota Vios Matic yang masih tergolong baik kondisinya
Komponen "jeroan" gearbox transmisi matic salah satunya terdiri dari beberapa lembar kampas kopling yang direndam oli ATF (Automatic Transmission Fluid) sehingga umur pemakaiannya lebih panjang
Sosok Mesin I-DSI milik Honda Jazz / Honda City Gen.1 masih menyatu dengan Gearbox Matic CVT Tiptronic 7-Percepatan
Apa artinya Gearbox Matic tanpa Matic Gear Shift atau Tuas Transmisi Matic
Aksesoris Pelengkap Gearbox Matic Copotan:
1. ECU & Wiring Harness Bawaan Mesin Bertransmisi Matic
Mobil bertransmisi manual bersistem injeksi (DOHC/ VVT-i) biasanya sudah dilengkapi dengan ECU (Electronic Control Unit) namun jika anda ingin upgrade transmisi manual mobil anda ke transmisi otomatis juga harus mengganti ECU kepunyaan milik Mobil Transmisi Otomatis dikarenakan data/ programnya berbeda.
2. Gear Shift & Pedal Set
Sudah membeli Gearbox Matic Copotan, membeli ECU berikut Wiring Harness, jangan lupakan komponen Gear Shift Automatic agar kendaraan dapat berjalan normal layaknya mobil matic.
Jika sebelumnya mobil bertransmisi manual memiliki 3 buah pedal; Gas, Rem, dan Kopling maka setelah anda upgrade ke gearbox matic juga harus melepas pedal kopling, dan mengganti pedal rem dengan kepunyaan mobil matic yang berukuran lebih lebar pijakannya.
3. Speedometer with Gear Shift Indicator
Opsi mengganti Speedometer yang memiliki Gear Shift Indicator milik kepunyaan mobil matic memang bukan menu wajib tergantung kebutuhan budget yang disiapkan si pemilik mobil. Namun jika anda tipe orang mengedepankan kepraktisan & berorientasi keselamatan selama mengemudi, fitur Automatic Gear Shift Indicator pada Speedometer dirasa dapat menghindarkan anda dari salah fokus atau salah memindahkan tuas transmisi yang bisa berakibat fatal terhadap keselamatan pengguna jalan lain.
Pada beberapa mobil keluaran terbaru fitur Automatic Gear Shift ditampilkan di dalam layar MID (Multi Information Display) agar terlihat lebih futuristik dan berkesan mewah
Keunggulan Upgrade Gearbox Matic Copotan Ex. Singapura/ Japan:
Harga yang ditawarkan untuk modifikasi ringan ke Transmisi Otomatis menggunakan Gearbox Matic Bekas Copotan Ex.Singapura/ Japan estimasi menghabiskan biaya hingga terpasang tak lebih dari Rp 8.000.000* (*instalasi pada Vios Limo Ex.BB) jauh lebih rasional ketimbang anda membeli Gearbox Matic berstatus baru di bengkel resmi ATPM yang bisa menyentuh angka Rp 30jt belum termasuk aksesoris pendukung, dan pemasangan.Harga Material berikut instalasinya masih dalam kategori ramah di kantong kurang dari Rp 8jt ketimbang anda harus bersusah payah menjual lama anda bertransmisi manual lalu membeli lagi mobil second bertransmisi otomatis dari merek dan tahun pembuatan yang sama.
Jaminan Plug & Play. Saat ini mayoritas pabrikan Jepang membuat beberapa model mobil dengan pilihan tipe mesin yang sama atas dasar efisiensi produksi. Contoh mesin K14B Suzuki digunakan di 3 jenis mobil dalam satu platform yang sama; Suzuki Swift, Suzuki SX4, dan Suzuki Ertiga, begitu pula mesin 1NZ-FE Toyota juga digunakan di 3 jenis mobil berbeda; Toyota Vios, Yaris, dan Limo.Jika mobil anda Vios Limo Ex. Taksi Blue Bird memiliki kode mesin 1NZ-FE, maka carilah gearbox matic copotan dari mesin yang sama bertipe 1NZ-FE milik Vios Matic agar memudahkan pemasangan saat harus mengawinkan mesin bawaan dengan gearbox matic berstatus copotan.Jaminan berkondisi baik layak pakai. Walaupun berstatus gearbox "bekas" namun perlu diketahui kondisinya 70-80% masih layak pakai dikarenakan jam terbang mobil-mobil di Singapura & Jepang tergolong jauh lebih sedikit karena negaranya kecil & tingkat mobilisasi yang rendah dibanding mobil-mobil di Indonesia. Sesuai fungsinya sebagai kopling otomatis maka manfaat yang didapat yaitu Feel Convenience menembus kemacetan lalu lintas di jam² sibuk setiap harinya.Good Value for Money. Upgrade Transmisi Manual menjadi Matic memberikan nilai tambah bisa mengangkat harga pasaran mobil anda jika suatu hari ingin dijual kembali.
Kelemahan Gearbox Matic Copotan Ex.Singapura/ Japan:
Yang namanya gearbox Matic konvensional 4-speed sudah pasti urusan tarikan bawah (akselerasi awal) menjadi kurang responsif dibanding masih menganut transmisi manual 6-speed. Tentu anda sebagai orang pemegang kendali di balik kemudi harus bisa beradaptasi dengan karakteristik mobil matic. Konsumsi BBM akan sedikit lebih boros dari kondisi normal saat masih menggunakan gearbox transmisi manual. Jika konsumsi rata² Dalam Kota Vios Limo Ex.BB bertansmisi manual bisa menembus 1:13 km/l maka jika sudah diaplikasi transmisi otomatis konvensional 4-speed hanya mampu meraih keiritan BBM di range 1:10 - 1:11 km/l saja karena mobil matic harus melakukan perpindahan gigi di putaran mesin cukup tinggi.Biaya pemeliharaan rutin transmisi matic lebih mahal dari transmisi manual. Jika biasanya saat masih menggunakan transmisi manual anda cukup mengganti 3 liter oli transmisi saja maka dengan gearbox Matic anda harus kuras oli transmisi Matic dengan volume 8 liter hingga 10 liter tiap kelipatan 30.000 kmjarak tempuh. Ditambah lagi harga per liter oli transmisi Matic lebih mahal dibanding oli transmisi manual. Jika anda lalai mengganti oli transmisi matic, maka memungkinkan terjadi kopling selip saat terjadi perpindahan gigi di setiap tingkat putaran mesin.Sudah kodratnya dari lahir, mobil bertransmisi otomatis 4-percepatan tidak bisa didorong jika mendadak mengalami aki soak. Minimal anda harus melakukan Jumper Aki dengan mobil lain atau menghubungi toko aki terdekat dengan membeli Aki baru.

Penggantian berkala oli transmisi otomatis (ATF) harus rutin dilakukan untuk menjaga keawetan komponen bergerak di dalam gearbox matic itu sendiri.

Berbagai macam merek oli transmisi otomatis yang tersedia di pasaran sesuai dengan standard kebutuhan pelumasan transmisi masa kini dari yang berharga terjangkau hingga yang termahal rekomendasi pabrikan mobil

Jadwal perawatan berkala baik mobil bertransmisi manual maupun automatic rekomendasi bengkel umum Nawilis yang berkonsep One Stop Service
2. Kopling Semi Otomatis "EZ Matic"

Sistem Kopling pada umumnya mobil bertransmisi manual 6 percepatan jauh lebih simple dibanding transmisi otomatis konvensional 4 percepatan.
Komponen Mechanical & Electricl EZ Matic:
Inovasi produk Aftermarket asal Amerika untuk mobil yang terlahir bertransmisi manual
Tampak komponen mekanikal dan electrikal Actuator EZ Matic yang berfungsi menggantikan peran menginjak kopling untuk bisa melakukan perpindahan gigi terpasang di area ruang mesin dekat dengan master rem atas.

Actuator EZ Matic terpasang pada ruang mesin Toyota Vios bertransmisi manual

CPU EZ Matic sepintas mirip ECU mesin bawaan pabrikan mobil namun fungsinya bersifat STAND ALONE yang bersinergi dengan komponen Actuator EZ Matic.

Komponen electricl CPU EZ-Matic yang menyimpan data/ program untuk menjalankan EZ Matic
Keunikan Upgrade Kopling Semi Otomatis EZ Clutch:
Produk inovatif yang telah cukup lama hadir di Indonesia. Penulis sendiri menonton tayangan review EZ Matic pertama kali di program RODA channel Indosiar th 1996 silam. Artinya sudah 20 th produk ini masih bs bertahan di tengah persaingan ketat produk Aftermarket untuk kendaraan roda empat.Hingga saat ini produk EZ Matic masih 100% produk asli buatan Amerika yang didatangkan langsung ke Indonesia oleh ATPM-nya.Instalasi Produk EZ Matic jauh lebih simple & pengerjaan bisa selesai sehari penuh jauh lebih cepat ketimbang upgrade gearbox matic copotan ex.singapura/ japan sekitar 3-4 hari kerja hingga berfungsi normal.

Terdapat switch independen yang dipasang untuk mengaktifkan mode transmisi manual konvensional atau berpindah ke mode Manual ala EZ-Matic. Bagi pengemudi lain yang kurang terbiasa dengan sistem EZ-Matic bisa menonaktifkannya melalui Switch yang terpasang pada panel dashboard. Fitur ini sangat fleksibel untuk menyesuaikan kebutuhan variasi medan berkendara ataupun gaya menyetir yang berbeda-beda pada setiap pengemudi mobil.

Sistem Kopling Otomatis EZ-Matic tidak menghilangkan Pedal Kopling bawaan pabrik pada mobil transmisi manual. Namun dengan mengaktifkan fitur EZ Matic maka kaki kiri pengemudi tidak perlu menekan pedal kopling lagi saat ingin berpindah gigi tetapi hanya cukup menekan tombol merah berbarengan dengan perpindahan gigi pada tuas transmisi manual.

Tombol merah pada Gear Shift harus ditekan saat ingin berpindah posisi gigi sebagai kompensasi anda sudah tidak perlu menginjak kopling lagi. Sebuah proses mekanisme perpindahan gigi yang sederhana namun dapat menghemat energi anda selama terjebak kemacetan parah di jalan.

Anda tidak perlu mengganti speedometer bawaan mobil dengan spedometer milik mobil bertransmisi matic yang terdapat Gear Shift Indicator. Karena fungsi yang dijalankan oleh EZ-Matic bersifat Semi Otomatis yang artinya tetap mengharuskan anda tetap harus memindahkan persneling tanpa harus menginjak kopling lagi.
Keunggulan Upgrade Kopling Semi Otomatis EZ Matic:
Dapat dipasang pada semua jenis mobil merek Jepang, Korea, Amerika, dan Eropa bertransmisi manual, baik diaplikasi pada kopling hidraulis ataupun pada mobil yg masih menganut kopling kabel.Jika mobil yang telah terpasang EZ Matic ingin dijual, maka semua komponen Easy Clutch dapat dilepas dan dipindah ke mobil lain* (*ada charge/ tambahan biaya tenaga kerja untuk melepas dan memindahkan produk EZ Matic ke mobil lain)Maintenance Free. Produk kopling otomatis EZ Matic bersifat Stand Aloneartinya tidak memerlukan perawatan tambahan saat penggunaanya. Pemilik mobil hanya perlu mengganti oli gearbox manual sesuai anjuran pabrikan mobil setiap 10.000 km saja.

Kabin interior Toyota New Vios Non Taksi terlihat ada sedikit instrumen tambahan untuk dapat mengaktifkan kopling semi otomatis EZ-Matic pada mobil transmisi manual kesayangan anda.
Klaim pabrikan EZ Matic:
Menambah enteng tarikan awal saat akselerasi.Memperpanjang umur pemakaian kampas kopling.Memperpanjang umur pemakaian Kampas Rem.Meningkatkan efisiensi penggunaan Bahan Bakar Minyak.
Kelemahan Upgrade Kopling Semi Otomatis EZ Matic:
Dengan berbagai keunikan, kelebihan, dan manfaat yang diperoleh oleh Kopling Semi Otomatis EZ Matic yang bisa diaplikasi pada semua mobil transmisi manual harus ditebus dengan harga Rp 9.000.000* dengan kondisi terima beres sudah terpasang (*harga Rp 9jt khusus untuk kategori mobil City Car atau Small Sedan pabrikan Jepang)Jika mobil yang anda gunakan berlabel CBU pabrikan Eropa, semisal: Mercy, BMW, Volvo dengan kapasitas mesin besar tentu banderol EZ Matic bisa lebih mahal lagi diatas Rp 9jt.
Important Note:
Produk EZ Matic hanya bisa dipasang pada mobil transmisi manual dengan master kopling & kampas kopling berkondisi masih cukup baik.Layaknya produk ciptaan manusia tentu tidak luput dari kerusakan walaupun telah didesain memiliki Realibility dan Durability sangat baik. Komponen elektrikal vital EZ Matic, seperti Actuator, dan CPU memungkinkan bisa rusak dalam kurun waktu jangka panjang seiring rutinitas pemakaian.Pilih Yang Fully Otomatis Ataukah Semi Otomatis ???
**Ps: Jika pembaca suka dengan artikel diatas jangan Lupa Baca Yang Ini Juga Ya: ^_^
- Jual Murah Ban Baru Bridgestone Ecopia EP150 Standard New Avanza 1.3G
- Daftar Mobil Kurang Laku di Pasaran
- Pemahaman Keliru Menilai Mobil Bekas Berkilometer Rendah
- Pilihan Cerdas Mobil Bekas MPV 7 Seater Non LCGC seharga Toyota Calya & Daihatsu Sigra
- Tips Jitu Kredit Murah Membeli Mobil Bekas Dari Pemakai Langsung
- Selamat Datang Era Digital E-Commerce; Change or Die
- Yuk Menghitung Untung Rugi Peluang Bisnis Taksi Online
- Tips Cerdik Mengais Rezeki Halal dari Aplikasi Android
Tidak ada komentar:
Posting Komentar